Selasa, 20 Desember 2011

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan



Perkembangbiakan vegetatif buatan terjadi akibat campur tangn manusia, antara lain berupa cangkok, setek, enten, menempel, dan merunduk. Cara perkembangbiakan demikian dimaksudkan untuk memperoleh tanaman baru yang memiliki sifat seperti tanaman iduk atau sifat tanaman yang lebih baik lagi.

1)            
Mencangkok
Mencangkok dilakukan dengan cara mengelupas sebagian kulit pada bagian cabang. Kemudian bagian cabang yang terkelupas diberi tanah, pupuk, dan air sebagai media pertumbuhan akar. Tanaman hasil cangkokan memiliki sifat seperti tanaman induk dan cepat berbuah
Empat tahap mencangkok.
(a) pengupasan kulit batang
(b) pembukaan kantong plastik berisi media
(c) cabang yang sudah dikupas kulitnya dimasukkan ke dalam kantong media
(d) teknik pencangkokan yang efektif dan efisien telah selesai










Merunduk
a
Merunduk dilakukan dengan cara Merundukkan cabang tanaman kemudian menimbunya dengan tanah. Tanaman hasil merunduk memiliki sifat seprti tanaman induknya


 Menyetek
Menyetek dilakukan dengan cara memotong bagian tanaman seperti batang akar, dan daun untuk menghasilkan tanaman baru. Tanaman hasil setek memiliki sifat seperti tanaman induk.
Stek terjadi dalam pertumbuhan singkong

Menempel
Menempel dilakukan denagn cara menempelkan sepotong kulit pohon bermata tunas suatu tanaman ke kulit pohon  tanaman lain. Tanaman hasil menempel memiliki sifat yang lebih baik dari sifat tanaman induk.
Contohnya, tahan hama penyakit dan berbuah banyak dengan kualitas yang lebih baik.













Tahap-tahap menempel
   Mengenten
Mengenten dilakukan dengan cara menggabungkan bagian batang bawah suatu tanaman dengan bagian batang atas dari tanaman lain yang masih sekeluarga.
Contohnya, tanaman avokad dan durian
Tanaman hasil enten memiliki sifat yang lebih baik dari tanaman induk





0 komentar:

Posting Komentar